Ternyata Google Adsense Tidak Seperti Dosen Pembimbing

Sempat bertanya-tanya, kenapa iklan adsense tidak muncul di blog, kalaupun tidak ada stok iklan, berapa lama iklan adsense muncul ku membathin. Namun sungguh naas, tragedi itu seperti kapal selam nanggala-402 tenggelam yang hilang kontak beberapa bulan silam.
Kilas kecewa | Dok. SIKONYOL.com

Sejak malam purnama itu, 26 Juni 2021 silam, dengan tetiba adsense hilang dari tampilan blogku. Sempat bertanya-tanya, kenapa iklan adsense tidak muncul di blog, kalaupun tidak ada stok iklan, berapa lama iklan adsense muncul ku membathin. Namun sungguh naas, tragedi itu seperti kapal selam nanggala-402 tenggelam yang hilang kontak beberapa bulan silam. Hingga saat ini tidak jelas sebab-musababnya dan ini sama dengan sebab musabab Google Adsense hilang dari blogku. Miris memang, cuma ya sudahlah. Ibarat kata pepatah Nasi sudah menjadi bubur. Cuma pandai-pandai kita juga walaupun sudah menjadi bubur itu bukan berarti mubazir, karena bubur ayam jauh lebih nikmat dan mahal dari pada nasi.

Peristiwa iklan Google Adsense yang lenyap di blogku, belum bisa ku pastikan penyebabnya,  yang ada info via gmail yang menyatakan bahwa klik iklan tidak valid. Akan tetapi sampai saat ini aku belum tahu klik tidak valid yang dimaksud itu apa, kapan, siapa, dimana, mengapa dan bagiamana? Wallahu'alam, masih teka teki yang belum terpecahkan oleh ku. Terserah, sebagian teman menyatakan karena klik iklan sendiri dan bahkan ada juga yang menduga karena salah pasang script anti boom klik. Sehingga iklan adsense tidak terlihat lagi di blogku yang memiliki deskripsi "Sebuah Sampah Untuk Negeri"  

Tanpa mau bersuuzon kepada Google Adsense, pada malam esoknya aku kembali melakukan pendaftaran ulang. Sama seperti tahun 2014 silam. Daftar lalu menunggu dalam suasana hati penasaran dengan harapan segera di terima. Tapi apa, semua tidak seperti yang kuharapkan, berulang kali tim pakar adsense katanya sudah meninjau tidak memenuhi dan harap di perbaiki. Tapi apa dan yang mana harus diperbaiki? Memanglah, Google Adsense tidak seperti Dosen Pembimbing Skripsi, yang mau menjelaskan bagian mana harus diperbaiki dan bagian mana yang sudah benar.  

Baca Juga : Akun Adsense Di Banned itu Sama Seperti Diputusin Pacar

Kini sudah sudah lebih satu triwulan, kegirangan Google Adsense dengan tegas membaned atau memutuskan kerja sama sebagai publisher iklan adsense. Sehingga tampilan blogku SIKONYOL.com seperti kelihatan dinding rumah yang baru cat, tanpa pejangan lukisan dan/atau foto -kamu-. Polos dan kosong tanpa hiasan. 

Btw,, Walaupun semangat pantang menyerah, berminggu-minggu aku selalu dapat notif yang sama, dimana Pakar sudah meninjau dan bla.. bla.. and soon dengan alasan yang sama. Tidak tahu dimana salahnya dan bagian mana yang harus diperbaiki. Ajukan lagi dan lagi, bahkan walaupun sedikit merasa malas, paling tidak seminggu sekali pasti cek emailnya dan jawabannya sama dengan minggu lalu. Adsense Menolak pengajuan kerja sebagai penayangan Iklan adsense dengan alasan harus diperbaiki serta memastikan sudah mendaftar dengan benar dan mematuhi kebijakan Google Adsense. 

Baca Juga : Lagu Hilang - Agam Phopeuna, Bikinku Berangan-angan 

Entahlah merasa bingung, iya. Mau berontak, tapi berontak kemana dan seperti apa, juga tidak tahu. Selain sabar dan terus berupaya memperlajari dan memperbaiki kesalahan-kesalagn yang dimaksud oleh Tim Pakar Google Adsense. 

Screenshot Admin SIKONYOL.com
Screenshot Admin SIKONYOL.com | Inbok Via Google Adsense

Padahal sudah berulang kali ku coba perbaiki, mulai mencopot script iklan adsense yang sudah di banned, script tinjauan halaman yang ada di antara kode <head> dan </head> dan bahkan sampai menutup email akun adsense yang sebelumnya pun sudah ku lakukan, walaupun sebenarnya dalam akun tersebut sudah memiliki cuan $27 dolar, namun sepertinya Google Adsense benar-benar sedang menguji kesabaranku. 

Duh, berat emang iya. Sepertinya Pakar Google Adsense ini sama seperti cewek cantik yang terkadang me.buat kita lelah bila dikejar dan akan balik disaat kita berhenti mengejar. Ah, sudahlah!!! Adakalanya aku kejar dan adakala aku berhenti. Ya, siapa tahu sama seperti cewek cantik, ngarep.

Baca Juga : Antara Burung Traveloka dan Burung Twitter, Mana Burungmu?

Walaupun kejar-kejaran, tidak ada salahnya untuk ku bersabar dan taat dan patuh pada perintah maha benar Google Adsense dengan segala peraturan TOS nya.  Meskipun lagi dan lagi melakukan pengajuan kembali kepada pihak Adsense untuk segera di tinjau terhadap pengajuanku. Berdoa ya gan, semiga ketrima lagi. Amiiin.

Previous
Next Post »

18 Comments

  1. memang terms of service Google Adsense agak ribet ya Kak.
    Tetap semangaaatt kejar dollar kak!
    Rezeki bisa dari banyak pintu ok

    BalasHapus
  2. Aku juga agak menyesal karena melepaskan adsense di blogku. Pengen ngajuin lagi kira-kira ditrima gak ya?
    Sya copot karena bikin blog saya lemot, gimana caranya biar gak lemot ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo memang sudah ada akunnya, ngapain harus diajukan lagi...

      Hapus
  3. yang sabar ya om hihihi.. lah saya mungkin ada 5 tahun baru diapprove google adsensenya hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sebelumnya sudah ada. Cuma ada kecelkaan jadi di banned

      Hapus
  4. Sy udah di approve google adsense nya, tapi awal2 penuh drama karna ada iklan yg SARA, tpi alhamdulillah diperbaiki google agat mmblock konten tsb.

    BalasHapus
  5. semoga lancar hingga bisa mengajukan adsense ya Kang. aku belom pernah ngajuin adsense sih untuk blog ku. ntar deh kalo udah niat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ashiap.... Apa ceritanya sama juga dengan ceritaku?

      Hapus
  6. Dulu banget juga aku pernah hilang adsensenya. Entah melanggar peraturan apa dan balik pun aku sudah lupa bagaimana caranya. Semoga cepat balik ya adsensenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooowww kok bisa lupa² pula. Apa karena mbak jarang utak atik?

      Hapus
  7. Aamiin moga bisa keterima lagi mas
    Kalau aku dulu krn sempat pindahan rumah trus suratnya gak keterima, entah knp suatu waktua adsensenya gk muncul, akhirnya aku mengajukan lg alhamdulilah keterima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah ya... Tapi kalo sekarang aturannya super duper ketatnya.

      Hapus
  8. Semoga lekas balik lagi ya Mas adsense-nya. Kesel pastinya ya, gak ngerti lagi mau gimana.. terus berusaha aja, ya.
    Btw blogku polosan kayak rumah baru jadi juga, karena emang gak ada adsense dari dulu 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Cuma balik akun lama itu mustahil. Palingan daftar baru..

      Hapus
  9. Saya pernah mengalami kena banned adsense karena klik tidak valid di salah satu video, dugaan saya sih karena anak nggak sengaja klik iklan di video kami. Kecewa dan gemes karena kena hukuman adsense dibanned 3 bulan jadi nggak ada iklan sama sekali. Semoga adsense di blognya lekas muncul lagi ya Mas, aamiin.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar Anda!