#AgeChallenge, Jangan Bangga Mendadak Tua Kawan!

Kata Pepatah, Tua itu pasti dan matipun demikian. Maka tidak ada yang bisa disalahkan, termasuk teman sikonyolovers sebagai pengguna sekalipun. 
Admin masih sangat Muda | Foto : Sikonyol.com
Sejak beberapa hari lalu, bumi pertiwi yang baru saja beberapa bulan selesai mengadakan pesta demokrasi mendapat mainan baru. Ada hal positif dan ada juga hal negatif. Sehingga pembahasan rekonsiliasi mereda dan cebong - kampret absen dari perbincangan. Sungguh indah bukan? Seolah wajah cebong dan kampret benar - benar tersamar oleh viralnya wajah mereka yang sudah menua dalam beberapa saat saja. 

Bila di perhatikan, level tuanya wajah mereka itu memang melebihi wajah kedua orangtuanya. Hahaha, ya kira-kira begitulah tingkatan tuanya. Akan tetapi mungkin terlihat agak sedikit ganteng atau cantik karena hasil tipu-tipu kamera dalam mengorbit hasil jepretan. Apalagi gambar hasil jepretan kamera smartphone diatas harga 3 juta itu mampu mengalahkan kecantikan Nyi Roro Kidul penjaga pantai selatan Pulau Jawa. Atau Bila ia lelaki maka ketampanannya hampir mengalahi Amitha Bachan ketika muda. Bayangkan sajalah bagaimana rupawan mereka! 
Baca Juga : Jawaban Cerdas Untuk Membungkam “Kapan Nikah" Saat Lebaran Tiba
Kata Pepatah, Tua itu pasti dan matipun demikian. Maka tidak ada yang bisa disalahkan, termasuk teman sikonyolovers sebagai pengguna sekalipun. Sebab kemajuan teknologi membuat semua menjadi mudah dan serba instan. Sehingga cendrung membuat kebanyakan penggunanya latah dalam mengproklamilkan diri sebagai insan melek teknologi Informastika (TI). Seolah semua hal yang baru, seperti aplikasi penuaan dini atau FaceApp menjadi incaran secara berjamaah untuk di deklarasikan ke jagat maya sebagai penanda bahwa inilah wajah tuanya dan inilah prediksi wajahnya tatkala menua kelak. Bagaimana, ganteng dan cantik, bukan?
Kolase FB | Foto : Bang Tcut

Akan tetapi sadarkah anda bahwa, di balik wajah yang mendadak menua tersebut justru mendatangkan petaka yang tak disangka-sangka. Terserah gantengkah atau jelek sekalipun yang anda publis dari #AgeChallenge, sebenarnya ada #MisiChallenge yang terselubung yang patut anda cermati dengan jeli. 

Sekilas memang sangat mengasikkan, kita yang masih usia muda sudah mengenali wajah diri sendiri ketika tua kelak nanti. Mungkin ini akan menjadi hal yang sangat membahagiakan. Walaupun sebenarnya tidak sama level bahagia bila dibandingkan saat berada di Pelaminan dengan si Dia kekasih hati. Akan tetapi sebagai catatan penting dan bila perlu di garis bawahi. Bahwa dibalik kecanggihan aplikasi FaceApp yang mengubah wajah dengan mengandalkan perubahan efek warna mata meredup, efek uban dan efek kulit keriput, malah memiliki misi tersembunyi yang patut di curigai dari pihak developers itu sendiri.

Seperti yang dilansirkan di laman Kompas.com bahwa FaceApp memungkinkan untuk menyimpan atau menyebarluaskan dan bahkan menjual foto Sikonyolovers untuk tujuan komersial, walaupun sebenarnya foto yang menua tersebut sudah anda hapus. Sebab prinsipnya, data (foto) yang sudah terunggah akan tetap tersimpan pada server developers FaceApp. Sedangkan yang terhapus hanya untuk pengguna (user) saja,sehingga tidak dapat dilihat lagi oleh user. Namun berbeda dengan Rajanya admin FaceApp (administrator) masih tetap bisa dan bebas leluasa dengan kehendaknya. 
Mau gugat? Ah, gugat kemana? Ada berapa gopok rupiah yang sikonyolover siapkan. Dan berapa para lawyer yang sikonyolovers pasang untuk kasus foto menua ini? Percuma, dan mimpi tidak akan pernah bisa menang. Sebab tanpa Sikonyolovers sadari pada bagian awal penggunaan aplikasi tersebut, telah menekan tombol "agree" alias setuju atas pengklaiman konten sebagai milik FaceApp. Tentu hal ini menjadi dasar untuk pihak FaceApp leluasa terhadap foto anda. 

Tanpa ada solusi, mestinya kedepan Sikonyolover lebih berhati-hati dalam penggunaan TI. Banyak modus dan misi terselubung dibalik aplikasi yang mangasikkan ini. Selain itu dengan tanpa di sadari data, wajah dan kornea mata yang memungkinkan sebagai password akses seperti di film KRRISH pahlawan super fiksi ilmiah India 2006, sudah duluan beralih kepada pihak lain dan saat itulah semua akses data pribadi dengan mudahnya digunakan oleh pihak lain tak terkecuali dalam hal komersial.
Previous
Next Post »

30 Comments

  1. Orang yang ingin tua secara instan itu ibarat mie instan yang sudah masak.. sayangnya kalau mie masak rame yang suka, sedangkan wajah tua itu akibatnya para pacar minta putus secara tiba-tiba..he.he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.. kata orang tua itu mengasikkan. Lebih berpengalaman
      Hahaha

      Hapus
  2. Saya sdh tua kepingin punya aplikasi muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.... Silakan pake FaceApp. Cuma keamanan dan privasi data anda tidak ada jaminan ya...
      Heheheheh..

      Hapus
  3. sejak ada faceapp hype ini nggak tertarik nyoba sama sekali sih, karena nggak ada kepentingan buat apa juga jadi ya udah nduga aja bakal rame2 padahal ada centang persetujuan juga tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mungkin mereka2 yg korban heboh FaceApp agak sedikit latah tentang Teknologi.
      🤣

      Hapus
  4. Awal ada faceapp saya biasa saja. Saya pikir sama saja seperti aplikasi wajah lainnya yang sebelumnya sudah heboh. Sama sama minta data kita. Memang sebaiknya bijak bermain di dunia maya ya, Kak.

    BalasHapus
  5. Namanya juga lagi tren, sama kayak telolet-telolet kemaren, bentar lagi juga reda, tapi ya pengguna konten memang harus tau baik-buruk efek aplikasi gimana,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ..
      Jujur gua paham, yg di ingin di dapatkan dari telolet itu apa sih???

      Hapus
  6. kalau soal bahayanya faceapp, aku udah tau. tapi ya tau saat diberitakan sih. cuma coba sekali, terus hapus. ikhlas dah kalau akan dipakai...

    tapi info tentang pencurian password melalui kornea mata, aku baru tau... canggih juga sih ya

    BalasHapus
  7. masa iya dijual? keren ya mereka, berhasil bikin aplikasi pendulang uang dan disukai banyak orang sampai orang rela dieksploitasi secara gratis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan paham sendiri mbak.
      Banyak cara untuk bermodus²an.
      Hehehehe

      Hapus
  8. Entahlah, aku coba pakai alat itu, dan lantas, aku langsung menyesal. Selain karena foto menuaku memang jelek, tulisan ini juga membuatku merenung akan kerahasiaan data.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahah....sabar.
      Tapi kalo memang hanya karena FaceApp foto tuanya jelek, tuntut saja Facepp nya.😂😅

      Hapus
  9. Beberapa waktu terakhir cukup populer aplikasi mengubah tampilan wajah, menjadi perempuan atau laki-laki. Juga terlihat lebih muda dan tua, karena ingin ikutan seru-seruan. Namun, kembali ke setiap orang dalam memahami ketentuan dan syarat penggunaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma rata² dari mereka tdk sepenuhnya tahu tentang keamanan datanya.

      Hapus
  10. Sekarang lagi trend aplikasi yang bikin tua atau muda.
    Bahkan ada menyalahgunakan foto-foto tersebut, jadi was-was kalau download aplikasi dan menggunakannya, terus upload ke sosial media. Pasti menuai kontoversi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sensasi, seolah prediksi tua nya itu akan demikian.
      Haha 🧔🏼

      Hapus
  11. Untuk yg kemaren itu aku ga ikutan sama sekali pake faceapp. Tp lupa deh dulu pernah bikin akun apa engga.jd takut deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha.....
      Pernah tapi lupa² ingat.
      Hehehe. 🤣🤣🤣😂

      Hapus
  12. Saya termasuk lemot dalam urusan tren, orang lagi ngetren apa, saya mah nggak ikutan termasuk faceapp, jadi berasa untung juga nggak ikut-ikutan tren hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm...
      Tapi kalo ngepost blog gak lemotkan???
      🤣😂

      Hapus
  13. AKu kemarin gak ikutan trend ini, entahlah gak tertarik aja ikutan, emang orgnya gak pernah ikutan trend haha. Tapi prihatin jg ya kalau sampai ada pencurian konten atau data kita gtu :(
    Kudu ati2 nih kalau mau ikutan trend2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yayaya... Karena sibuk ngurus anak dan suami y mbak. Jadi los yg sdg ngetrendnya..

      Hapus
  14. Aku ga ikutan upload Face app, alasannya karena ga sempat. Wkkka. Telat tahunya. Sempat heboh tapi ya gitu deh. Malas cari tahu itu aplikasi apa. Begitu tahu eh malah mulai beredar kewaspadaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa....
      Berarti gak mendadak tualah.
      Hahaha😂

      Hapus
  15. FaceApp happening bgt ya kemarin, tapi aku gk sempat coba, dan gk niat coba juga.
    Biarlah kita menua dgn sendirinya,, hee

    BalasHapus
  16. Aku juga belum nyoba FaceApp nih. Ga tau kenapa padahal app ini udah lama terus banyak netizen yang make lagi. Apa pada ngebuzz x ya itu seleb sehingga app'a jadi viral*

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar Anda!